Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) adalah solusi penerangan untuk jalan umum dengan sumber energinya berasal dari tenaga surya. Untuk menghasilkan listrik yang digunakan untuk menerangi jalan-jalan dan area publik pada malam hari atau dalam kondisi cahaya yang rendah.

Sistem PJUTS terdiri dari beberapa komponen utama termasuk panel surya, baterai, kontroler, lampu LED dan tiang pencahayaan. Umumnya menggunakan lampu LED hemat energi yang disuplai dari baterai yang dicharge dari sinar matahari melalui panel surya. Sistem PJUTS ini merupakan sistem offgrid (stand alone) dirancang untuk beroperasi independen dari jaringan utilitas listrik. Modul fotovoltaik (PV) merupakan komponen utama sistem PJUTS yang berfungsi untuk mengkonversi cahaya matahari secara langsung menjadi listrik arus searah (DC).

Jenis teknologi sistem PJUTS :

  1. PJUTS Konvensional – komponen modul PV, lampu LED, SCC dan baterai, merupakan komponen terpisah dan dirakit menjadi PJUTS.
  2. PJUTS Two in One – komponen lampu LED, SCC dan baterai terintegrasi dalam rumah lampu, dengan modul PV terpisah dan dirakit menjadi PJUTS.
  3. PJUTS All in One – komponen modul PV, lampu LED, SCC dan baterai terintegrasi dalam rumah lampu. PJUTS ini bisa langsung dipasang tanpa komponen terpisah.

Komponen utama PJUTS :

  1. Modul Surya Fotovoltaik (PV) – peralatan yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energy listrik secara langsung.
  2. Baterai – untuk menyimpan energi pada siang hari dari modul PV, selanjutnya dipergunakan untuk menyuplai beban pada malam hari.
  3. Solar Charge Controller – merupakan peralatan yang mengatur proses pengisian energy dari PV ke baterai serta pengeluaran energi dari baterai ke beban, agar baterai tidak mengalami kerusakan akibat overcharge maupun overdischarge.
  4. Lampu (LED) – merupakan teknologi penerangan dengan efisiensi yang tinggi. LED memiliki usia pakai yang cukup panjang, serta warna cahaya yang bisa disesuakan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan
  5. Tiang – mempunyai ketinggian tiang yang berbeda-beda, mulai dari 7 m s/d 9 m, jarak antar tiang bervariasi 15 s/d 40m, tergantung ketinggian tiang, jenis lampu, dan cahaya yang dibutuhkan (brightness)

Contoh Spesifikasi Umum Sistem PJUTS

Kelebihan dan kekurangan PJUTS

  • PJUTS menggunakan sumber energi surya yang relatif tidak terbatas dan didapatkan secara gratis.
  • Penggunaan PJUTS lebih praktis dan efisien, serta tidak tergantung dengan jaringan PLN dan dapat dipasang dimana saja, dengan perawatan yang mudah dan efisien.
  • PJUTS yang menggunakan energi EBT bersifat ramah lingkungan dan bebas polusi, tidak memberikan kontribusi perubahan iklim dan tidak menyebabkan polusi suara.
  • Namun, PJUTS sangat tergantung cuaca (intermittent), pada saat cuaca mendung dan hujan, kemampuan panel surya menangkap sinar matahari akan berkurang, sehingga tidak optimal dalam mengkonversi energi surya menjadi listrik.
  • Biaya investasi awal PJUTS relatif mahal, sebagian besar komponen PJUTS masih diimpor dari luar negri.