Lampu LED

Pengertian LED (Light Emitting Diode) adalah komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya ketika dialiri arus listrik. Warna cahaya yang dihasilkan bergantung pada bahan semikonduktor yang digunakan, seperti merah, hijau, biru, kuning, dan lainnya. Lampu LED adalah produk LED yang disusun menjadi sebuah lampu.

Pada tahun 1907, Heinrich Welker dari Jerman menjadi penemu pertama lampu LED. Nick Holonyak Jr dari AS mempopulerkan lampu LED pada tahun 1962 dengan varian berwarna merah. Pada tahun 1990-an, di Jepang, Akasaki dan rekan-rekannya menemukan dioda yang memancarkan cahaya biru yang memungkinkan kombinasi ketiga dioda (merah, kuning, biru) menghasilkan cahaya putih seperti cahaya matahari.

Cara kerja lampu LED mirip dengan cara kerja dioda yang memiliki 2 kutub yakni kutub positif dan kutub negatif. Lampu LED yang memiliki chip semikonduktor yang akan menimbulkan junction positif dan negatif dan menghasilkan kelistrikan. Lampu LED memancarkan cahaya saat dialiri tegangan maju yang dapat digolongkan sebagai transduser yang berperan untuk mengubah energi listrik menjadi energi cahaya.

Keuntungan memakai lampu LED adalah :

1. Hemat Energi

Lampu LED memiliki daya yang menghasilkan 90% listrik lebih rendah daripada lampu bohlam atau lampu lainnya. Lampu LED menghasilkan panas yang lebih rendah dan dapat mengurangi temperatur dalam rumah dan mengurangi beban dan air conditioner. Dengan memakai lampu LED, dapat mengurangi tagihan listrik dan menghemat lebih banyak uang.

2. Efisiensi Listrik Lebih Baik

Lampu LED memiliki usia pakai dan efisiensi listrik beberapa kali lipat lebih baik daripada lampu pijar dan tetap jauh lebih efisien daripada lampu neon. Beberapa chip bahkan dapat menghasilkan lebih dari 300 lumen per watt.

3. Lebih Aman dan Ramah Lingkungan

Lampu LED membutuhkan daya listrik yang lebih kecil sehingga energi yang diperlukan menjadi lebih rendah. Lampu LED pun tidak dibekali dengan kandungan merkuri sebagai bahan kimia yang berbahaya dalam artian jika lampu LED mati dan hendak dibuang, tidak akan mengontaminasi lingkungan. Lampu LED pun dapat menciptakan penerangan menyeluruh dan fokus, sehingga lampu ini tidak akan mengganggu kesehatan mata dibanding lampu pijar.

4. Memiliki Varian Bentuk dan Warna

Selain menjadi lampu yang ramah lingkungan juga hemat energi, lampu LED bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi rumah hingga bisa juga jadi lampu tidur. 

Hal tersebut dikarenakan lampu LED memiliki varian bentuk seperti downlight hingga strip

Selain memiliki beragam bentuk, lampu LED pun memiliki beragam warna seperti merah, kuning, biru, putih, hijau, jingga dan infra merah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai lampu hias.

Beragam warna yang dihasilkan lampu LED tergantung pada wavelength atau panjang gelombang dan senyawa semikonduktor yang digunakan.

5. Tahan Lama

Pemakaian lampu LED memiliki durabilitas yang tinggi dan tahan lama. 

Kapasitas pemakaian lampu LED bisa mencapai 100 ribu jam dan 30 kali lebih awet dari lampu pijar biasa. 

Lampu LED pun 10 kali lebih tahan lama dibandingkan lampu hemat energi dengan sistem compact fluorescent lamp.

Lampu LED dapat Anda gunakan pada berbagai ruangan seperti lampu kamar tidur, lampu ruang keluarga hingga dijadikan lampu hias.

LED telah digunakan secara luas dalam berbagai kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh penggunaannya meliputi :

  1. Indikator atau petunjuk pada perangkat elektronik, seperti spedometer di mobil.
  2. Sensor pada remote kontrol TV atau AC.
  3. Layar display, seperti running text pada papan reklame.
  4. Lampu penerangan, seperti LED bulb, downlight, dan spotlight.
  5. Backlight LCD pada TV, laptop, atau layar lainnya.